Sabtu, 30 Oktober 2010

Musim Durian Telah Tiba




Entah karena kesukaan yang begitu sangat atau karena sudah waktunya. Malam itu—Jumat 29 Oktober–saya pergi sendiri ke Tugu Juang, sebuah tempat keramaian di Kota Jambi. Bukan keramaian yang saya cari, melainkan buah berduri yang wanginya semerbak itu (durian, red). Sudah mafhum di kalangan masyarakat kalau durian adalah buah yang sangat favorit karena dikenal enak rasanya. Mungkin kalau kita survei penduduk Indonesia mengenai buah apa yang mereka suka, saya yakin durianlah yang menempati posisi teratas.

Karena tidak ada teman yang mau diajak makan durian malam itu, alhasil saya—dengan berat hati *agaklebay.com–, berangkat sendirian dengan motor kesayangan. Malam itu, buat saya gak penting makan sendiri, berdua atau bertiga. Yang penting saya makan durian, hehe. Terdengar egois memang. Tapi begitulah saya. Sejak dulu sudah terbiasa jalan sendirian. Bukan. Bukan karena saya gak butuh teman. Tapi karena saya lebih suka yang simpel-simpel saja. Kalau kebetulan gak ada yang bisa diajak jalan bareng, toh sendirian juga gak ada salahnya. Walaupun gak menafikkan kehadiran teman bisa meramaikan suasana. Kalau ada yang mudah kenapa dibikin sulit pikir saya.

Sesampainya di sana, sudah berjejer beberapa pedagang yang mampu membuat para pengguna jalan untuk sejenak mengalihkan pandangan dan mencium aroma buah berduri itu. Adapun saya, sejak sore hari sepulang dari kantor, menyengaja melihat “TKP” dulu untuk memastikan musim durian benar-benar sudah hadir di kota ini. Soalnya, minggu lalu hanya ada satu-dua pedagang saja. Dan itu pun gak banyak persediaan buahnya. Tapi malam ini, seperti status Facebook salah seorang teman saya yang gak suka durian, yang menyebut durian sudah hadir di sana-sini. Tanpa banyak pilih saya pun menghampiri salah satu lapak penjual durian.

“Sieko (satu, red) berapo bang?” Tanya saya dengan logat yang sok ke-Jambi-Jambi-an.
“Mau ambil berapo bang?” Si abang balik bertanya.
“Coba buka satu dulu bang” ucap saya, “Saya makan di sini aja deh bang”
*Upss, keluar deh logat Betawi saya, hehe.

Begitu buah dibuka, aroma khas buah ini begitu menggoda, yang selanjutnya terserah anda kalau kata sebuah iklan, hehe. Alhamdulillah, nikmat sekali makan durian malam itu. Di samping saya, terlihat sepasang muda-mudi yang juga sedang menikmati sedurian berdua. Biar romantis barangkali.

Satu durian ternyata belum cukup nendang buat saya. Maka saya pun menghampiri Si abang penjual, dan memintanya membuka satu buah lagi. Memang beginilah pecinta durian. Belum puas kalau belum sampai pada kata “cukup”. Dan dua durian malam itu buat saya sudah “cukup” sebagai permulaan musim durian yang mulai semarak di kota saya ini. Yang, insyaAllah, akan ada babak kedua-ketiga dan seterusnya, hehe.

Dan lewat tulisan ini pula, saya ingin mengucapkan selamat menikmati durian bagi siapa saja yang menyukai buah ini di manapun berada. Di seluruh Indonesia. Hehe..

Salam durian. Lho!


*Sebagai visualisasinya saya tampilkan gambar dua buah durian yang telah saya kandaskan tanpa ampun, hehe..



taufik-hate
pecinta buah durian, hehe

6 komentar:

  1. jadi intinya makan berapa biji bang??hahaha..sakit jiwa..pengeeeeenn..:)

    BalasHapus
  2. wah kalo biji mah lupa ane mbak..
    pokoknya dua durian deh, hehe..
    pengen ya mbak?.. tinggal beli aja ke lapak terdekat kok.. hoho..

    BalasHapus
  3. aih..saya dah lama bangeeeet gak pernah makan durian lagi ;)

    abis makan jangan lupa bayar, he

    BalasHapus
  4. hehehe.. di sana musim gak mbak?..

    BalasHapus
  5. bang 1 durian harganya brp? kirim ke cipadu dong,, hihihi

    BalasHapus
  6. murah can dsni.. dari yg 5000an smpe 30000an juga ada.. ahahay,,

    BalasHapus