Selasa, 24 Juli 2012

Menikah Muda Adalah Pilihan




Menikah muda adalah pilihan, begitu pun menikah di usia lanjut.

Menikah adalah sebuah keniscayaan dalam dunia ini. Entah dipahami sebagai keumumannya, di mana ia adalah sesuatu yang jamak dilakukan banyak orang. Atau dipahami kekhususannya, yaitu menjalankan perintah Tuhan dan sunnah RasulNya.

Adalah benar menikah itu menentramkan jiwa sebagaimana sabdaNya di kitab suci Al-Quran. Memperkuatkan visi. Menajamkan tujuan hidup. Mengajarkan lebih bertanggungjawab.

Membujang pun tak selalu salah. Karena ia pun pilihan yang harus dihargai. Mungkin masih ada tujuan yang hendak dicapai, sehingga menikah adalah pillihan kesekian. Atau mungkin bekal yang belum cukup dalam banyak hal.

Ada rasa senang yang meletup-letup ketika saya mendengar satu per satu teman saya mengabarkan kabar baik itu. Senang, karena setidaknya, salah satu tujuan besar dalam hidupnya tercapai. Senang, karena Allah, Sang Nabi dan penduduk langit dan bumi pun turut senang.

Semoga Allah mudahkan mereka yang masih memendam rindu untuk bersanding dengan kekasih dunia-akhiratnya, walaupun mungkin belum terlihat jelas siapa yang dirindu.

Semoga Allah genapkan kebaikan pernikahan bagi mereka yang sudah punya teman dekat, namun masih ragu untuk melangkah ke depan.

Semoga Allah memberkahi mereka—para pemuda-pemudi–, yang menyegerakan menikah, untuk menjalankan perintah Tuhannya, mengikuti Nabinya, menjaga agama dan kehormatannya..

Aamiin..

Berbahagialah mereka yang Allah permudah untuk menikah di usia muda
Semoga Allah limpahkan keberkahan yang banyak
Dan semoga Allah juga mudahkan mereka yang masih terus berprasangka baik
Menanti hadiah itu dariNya
Dengan tetap menjaga ketaatan dan ikhtiar baiknya
Karena dalam sisinya yang lain, hidup kadang tak bisa dilogikakan
Kita cukup berusaha dan percaya saja




@taufik_hate
Juli 2012

2 komentar: